PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN NPK MUTIARA DI UD.BARELANG TANI JAYA BATAM

Lukmanul Hakim, Rinjani Saragih

Sari


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pupuk NPK Mutiara di UD. Barelang Tani Jaya Batam. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan survey yang terdiri dari variabel Citra Merek (X1), Persepsi Harga (X2), Kualitas Produk (X3) dan Keputusan Pembelian (Y). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 58 responden. Pernyataan diberikan dengan menggunakan kuesioner yang didistribusikan melalui teknik  Random Sampling dan metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Data yang terkumpul melalui kuesioner diolah dengan menggunakan aplikasi Program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung untuk variabel citra merek sebesar 9,962 dan tingkat signifikan 0,000, nilai t hitung untuk variabel persepsi harga sebesar 52,693 dan tingkat signifikan 0,000 sementara nilai t hitung untuk variabel kualitas produk sebesar 40,089 dengan tingkat signifikan 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Dalam penggunaan Uji Parsial (T), terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel Persepsi Harga (X2), hal ini dikarenakan nilai t hitung 52,693 > t tabel 1,672 dan tingkat signifikannya adalah 0,000 < 0,05. Jadi terdapat hasil yang positif dan signifikan dari variabel citra merek, persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pupuk NPK Mutiara di UD. Barelang Tani Jaya Batam dan ketiga variabel tersebut memiliki hubungan yang besar dalam keputusan pembelian pupuk NPK Mutiara di UD. Barelang Tani Jaya batam.


Kata Kunci


Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Anas Affandi, Aldon Sinaga dan Ana Arifatus S (2014). Hubungan Pengetahuan Dan Persepsi Harga Dengan Penggunaan Pestisida Dalam Usahatani. Jurnal Agribisnis Indonesia. (Online). Vol 2, No 2. (https://www.researchgate.net) (diakses 11 Januari 2019)

Angga Yudha (2012). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Yi Action Camera Di Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Muhammadyah Yogyakatrahttp://repository.umy.ac.id) (diakses 16 Desember 2018)

Cornelia Dumarya Manik (2017). Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Panel Listrik Pada Pt. Cakra Raya Teknologi Di Tangerang Kota. Jurnal Pemasaran Kompetitif. (Online). no. ISSN (cetak) 2598-0823, (file:///C:/Users/USER/Downloads/678-1142-1-SM.pdf) (diakses 16 Desember 2018)

Desy Irana, Dewi Lubis dan Rahmat Hidayat (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilham (Online). Vol. 5, No. 1, (https://www.researchgate.net) (diakses 16 Desember 2018)

Ferdyanto Fure, Joyce Lapian dan Rita Taroreh (2015). Pengaruh Brand Image Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di J.CO Manado. (Online). Vol.3 No.1 (https://media.neliti.com) (diakses 11 Januari 2018)

Ian Antonius Ong dan Drs. Sugiono Sugiharto, MM (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cicao Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. (Online). Vol.1. No.2 (http://publication.petra.ac.id) (diakses 14 Desember 2018)

Ina Ratnasari & Edi Suswardji (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fungisida Pt. Bayer Cropscience Pada Para Petani Di Kecamatan Rawamerta. (Online). Manajerial, Vol. 15 No.1 (http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial) (diakses 11 Januari 2019)

Joko Sudihartono (2009). Analisis Pengaruh Citra, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt. Pupuk Kalimantan Timur, Sales Representative Kabupaten Grobogan). Tesis. Semarang: Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro (http://eprints.undip.ac.id) (diakses 11 Januari 2019)

Kotler, P dan Keller L. 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi ke-13, Alih Bahasa Bob Sabran, MM. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2010. Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Krystia Tambunan (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto (Studi Kasus Pada Konsumen Di Bandeng Presto Semarang). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro (http://eprints.undip.ac.id) (diakses 09 Januari 2019)

May Margiyanto (2013). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry Di Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro (http://eprints.undip.ac.id) (diakses 09 Januari 2019)

Munalita Riamawahyu (2011). Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Reaksi Konsumen Produk Pestisida Biotis Di Cv. Reka Sarana Sejahtera. Skripsi. Semarang: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. (https://lib.unnes.ac.id) (diakses 11 Januari 2019)

Nela Evelina, Handoyo Djoko Waloejo, Sari Listyorin (2013), Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana TelkomFlexi (Studi kasus pada konsumen TelkomFleksi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). (Online). Vol.2.No.1 (http://ejournal3.unpid.ac.id) (diakses 14 Desember 2018)

Nurul Fatmawati. A dan Euis Soliha (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. (Online). Tahun 10. No. 1 (https://e-journal.unair.ac.id) (diakses 16 Desember 2018).

Puger Harjuno (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda Scoopy (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta (http://eprints.uny.ac.id) (diakses 9 Januari 2019).

Rika Ferawati (2017). Pengaruh Brand Image Terhadap Kesediaan Konsumen Membayar Harga Premium Produk Pizza Hut (Studi Kasus Konsumen Pizza Hut di Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia (https://dspace.uii.ac.id) (diakses 16 Desember 2018)

Saladin Djaslim. (2012). Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya

Suci Dwi Puspita (2015). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Yoghurt (Survey pada konsumen Yoghurt Youjell PT. Insan Muda Berdikari), (Online). Vol.4, No.1(http://jurnal.unpad.ac.id) (diakses 10 Januari 2019)

Sunyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. CAPS: Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lisensi Creative Commons
ECOBISMA oleh STIE Labuhan Batu disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://ojs.stie-labuhanbatu.ac.id/index.php/COBI/index..