Jurnal ECOBISMA, STIE Labuhanbatu

Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal ECOBISMA menerima artikel ilmiah dari hasil penelitian, terbit 2 nomor dalam satu voleume setiap tahunnya pada bulan Januari  dan Juni. Jurnal ini fokus mempublikasi hasil penelitian orisinal yang belum diterbitkan di manapun pada bidang Sain Ekonomi. Bisnis dan Manajemen. Setiap manuskrip yang dikirim melalui proses online.

Jurnal ECOBISMA dengan Ruang lingkup:

  1. Ilmu Ekonomi, mencakup : Analisis Ekonomi Makro dan Mikro, Perencanaan,Ekonometrik dan Bidang Ilmu Ekonomi Lainnya
  2. Manajemen mencakup Peneraparan Manajemen Pemasaran, Keuangan, Sumberdaya Manusia, Produksi, Strategi dan Bidang Manajemen umum Lainnya
  3. Bisnis yang mencakup : analisa bisnis, kelayakan bisnis, Akuntansi dan bidang bisnis yang relevan

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

ECOBISMA Vol. 1 No. 1 2014

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

ECOBISMA Vol. 1 No. 2 2014

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

ECOBISMA Vol. 2 No. 1 2015

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

ECOBISMA Vol. 2 No. 2 2015

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

ECOBISMA Vol. 3 No. 1 2016

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

ECOBISMA Vol. 3 No. 2 2016

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

ECOBISMA Vol. 4 No. 1 2017

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

ECOBISMA Vol. 4 No. 2 2017

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

ECOBISMA Vol. 5 No. 1 2018

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

ECOBISMA Vol. 5 No. 2 2018

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

ECOBISMA Vol. 6 No. 1 2019

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Journal ECOBISMA adopts blind peer reviews whereby the author also unaware of reviewer identity.

All submitted manuscripts to Jurnal ECOBISMA are checked for plagiarism using Turnitin.

 

Frekuensi Penerbitan

ECOBISMA terbit pada bulan Januari dan Juni

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Copyright Licensing

ECOBISMA menggunakan perjanjian lisensi eksklusif. Penulis akan mempertahankan hak cipta bersama hak penggunaan ilmiah STIE Labuhan Batu akan diberikan hak penerbitan dan distribusi.

Akses penulis terbuka mempertahankan hak cipta dari makalah mereka, dan semua artikel terbuka didistribusikan di bawah syarat-syarat Lisensi Pengaitan Creative Commons (CC BY-SA), yang memungkinkan orang lain mendistribusikan dan menyalin artikel asalkan karya asli dikutip dengan benar.

Pengguna tidak dapat mewakili penulis sebagai dukungan adaptasi artikel mereka, dan tidak mengubah artikel sedemikian rupa untuk merusak kehormatan atau reputasi penulis.

 

Publication Ethic

Pernyataan etika dan publikasi malpraktik publikasi kami terutama didasarkan pada Kode Etik dan Pedoman Praktik-Terbaik untuk Editor Jurnal (Komite Etika Publikasi, 2011).

Tanggung Jawab Prinsip Editor

Keputusan editor

Editor bertanggung jawab untuk memutuskan makalah yang diserahkan ke jurnal yang akan diterbitkan. Editor akan mengevaluasi manuskrip tanpa memperhatikan ras, gender, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis. Keputusan akan didasarkan pada kepentingan, orisinalitas dan kejelasan makalah, dan validitas studi dan relevansinya dengan ruang lingkup jurnal. Persyaratan hukum terkini terkait pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme juga harus dipertimbangkan.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial apa pun tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang pengiriman naskah kepada siapa pun selain dari penulis yang bersangkutan, peninjau, peninjau potensial, penasihat editorial lainnya, dan penerbit, sebagaimana mestinya.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam makalah yang dikirimkan tidak akan digunakan. Oleh editor atau anggota dewan editorial untuk tujuan penelitian mereka sendiri tanpa persetujuan tertulis eksplisit dari penulis.

Tanggung Jawab Prinsip Peninjau

Kontribusi Peer-Review

Proses peer-reviewing membantu editor dan dewan redaksi dalam membuat keputusan editorial dan mungkin juga melayani penulis dalam memperbaiki makalah.

Kerahasiaan

Manuskrip yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh diungkapkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Standar objektivitas

Tinjauan harus dilakukan secara obyektif. Kritik pribadi dari penulis tidak tepat. Wasit harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan, kolaboratif, atau hubungan atau hubungan lain dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga yang terkait dengan makalah.

Tanggung Jawab Prinsip Penulis

Standar Pelaporan

Penulis harus menyajikan laporan akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi obyektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari harus diwakili secara akurat di koran. Sebuah makalah harus memuat detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi pekerjaan. Pernyataan yang curang atau dengan sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Plagiarisme dan Pengakuan Sumber

Penulis akan mengutip secara tepat atau mengutip karya dan / atau kata-kata orang lain. Publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan sifat pekerjaan yang dilaporkan juga harus dikutip.

Publikasi Ganda, Redundan atau Konkuren

Secara umum, makalah yang menggambarkan pada dasarnya penelitian yang sama tidak boleh dipublikasikan di lebih dari satu jurnal. Mengajukan kertas yang sama ke lebih dari satu jurnal penerbitan merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Manuskrip yang telah diterbitkan sebagai materi yang dilindungi hak cipta di tempat lain tidak dapat diserahkan. Selain itu, manuskrip yang ditinjau oleh jurnal tidak boleh dikirim ulang ke publikasi berhak cipta. Namun, dengan mengirimkan naskah, penulis (s) mempertahankan hak atas materi yang dipublikasikan. Dalam hal publikasi mereka mengizinkan penggunaan karya mereka di bawah lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ yang memungkinkan orang lain untuk menyalin, mendistribusikan dan mengirimkan pekerjaan serta untuk beradaptasi pekerjaan dan memanfaatkannya secara komersial.

Karangan kepenulisan Karangan harus dibatasi bagi mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan pada konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi dari penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Penulis yang sesuai memastikan bahwa semua penulis bersama yang berkontribusi dan tidak ada orang yang tidak terlibat dimasukkan dalam daftar penulis. Penulis yang sesuai juga akan memverifikasi bahwa semua rekan penulis telah menyetujui versi akhir dari makalah tersebut dan telah menyetujui pengajuannya untuk publikasi.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus memasukkan pernyataan yang mengungkapkan setiap konflik keuangan atau konflik substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.

Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan untuk bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas dalam bentuk erratum.

Referensi

Committee on Publication Ethics (COPE). (2011, March 7). Code of Conduct and Best-Practice Guidelines for Journal Editors. Retrieved from http://publicationethics.org/